Lokomotif BB304 adalah lokomotif diesel hidraulik milik PT Kereta Api Indonesia buatan pabrik Fried. Krupp, Jerman Barat. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1.550 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B'B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Lokomotif ini dapat dianggap sebagai "adik" dari lokomotif BB 301. Hal ini disebabkan modelnya yang sama (Krupp-M1500BB) dengan desain kabin masinis yang sangat persis. Hanya saja, semua BB 304 memiliki kaca pada pintu masuk kabin masinis serta memiliki jaring radiator berbentuk enam buah persegi.
Lokomotif BB 306 adalah lokomotif diesel hidraulik yang dimiliki oleh dipo kereta besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota. Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an.
Sejak datangnya era lokomotif Diesel Elektrik, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang (contohnya BB 306 16 (afkir karena Tragedi Bintaro)). Lokomotif ini hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota dan milik dipo lokomotif Tanah Abang (di antaranya BB 306 08, BB 306 10 - BB 306 11, BB 306 17 - BB 306 19), dipo lokomotif Medan (di antaranya BB 306 01, BB 306 03, BB 306 05 BB 306 06, BB 306 21, BB 306 22), dan dipo lokomotif Padang (di antaranya BB 306 12 - BB 306 14).
Beberapa lokomotif BB306 yang tersisa di Tanahabang sudah dikembalikan livery-nya menjadi ala PJKA.
Lokomotif BB 306 ini terkenal dengan transmisi hidraulik Samba dengan karakteristik throttle dapat langsung dibalik mundur ketika lokomotif bergerak maju. Secara otomatis transmisi bertindak sebagai rem hidraulik hingga loko ini berhenti lalu bergerak mundur.
Sumber : Wikipedia
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1.550 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B'B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Lokomotif ini dapat dianggap sebagai "adik" dari lokomotif BB 301. Hal ini disebabkan modelnya yang sama (Krupp-M1500BB) dengan desain kabin masinis yang sangat persis. Hanya saja, semua BB 304 memiliki kaca pada pintu masuk kabin masinis serta memiliki jaring radiator berbentuk enam buah persegi.
Lokomotif BB 306 adalah lokomotif diesel hidraulik yang dimiliki oleh dipo kereta besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota. Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an.
Sejak datangnya era lokomotif Diesel Elektrik, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang (contohnya BB 306 16 (afkir karena Tragedi Bintaro)). Lokomotif ini hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota dan milik dipo lokomotif Tanah Abang (di antaranya BB 306 08, BB 306 10 - BB 306 11, BB 306 17 - BB 306 19), dipo lokomotif Medan (di antaranya BB 306 01, BB 306 03, BB 306 05 BB 306 06, BB 306 21, BB 306 22), dan dipo lokomotif Padang (di antaranya BB 306 12 - BB 306 14).
Beberapa lokomotif BB306 yang tersisa di Tanahabang sudah dikembalikan livery-nya menjadi ala PJKA.
Lokomotif BB 306 ini terkenal dengan transmisi hidraulik Samba dengan karakteristik throttle dapat langsung dibalik mundur ketika lokomotif bergerak maju. Secara otomatis transmisi bertindak sebagai rem hidraulik hingga loko ini berhenti lalu bergerak mundur.
Sumber : Wikipedia
Komentar
Posting Komentar